Sepuluh Peristiwa Heboh Tahun 2009

Jumat, 18 Desember 2009

Tidak terasa tahun 2009 hampir berakhir. Berbagai macam peristiwa mewarnai tahun 2009. Sayangnya, justru tragedi, bencana, peristiwa buruklah yang justru tidak pernah lepas dari pikiran kita. Berdoa, bersabar dan berpasrah kepada Tuhan, serta berinstrospeksi, menjadi hal positif yang paling mungkin kita lakukan menyambut tahun 2010. Mari kita tengok peristiwa-peristiwa yang paling menghebohkan di sepanjang 2009.

Taylor Swift versus Kanye West


13 September 2009 dalam acara MTV Video Music Awards, penyanyi rap ternama Kanye West secara spontan naik ke panggung ketika penyanyi pop remaja Taylor Swift menyampaikan pidato kemenangannya untuk kategori Best Female Video. Diatas panggung Kanye West bukannya memberi ucapan selamat, malah merebut mikrofon dan berteriak bahwa video Beyonce merupakan yang terbaik dalam sejarah. Taylor Swift pun kaget melihat aksi norak rapper yang tengah mabuk itu. Seluruh dunia pun ikut syok dan mengutuk kelakuan Kanye West. Akhirnya rapper yang sering mengopi musik artis lain ini meminta maaf kepada Taylor dan seluruh masyarakat dunia melalui situsnya dan beberapa acara talk show.

Kasus Penculikan Jaycee Lee Dugard


Pada tanggal 10 Juni 1991, gadis kecil berusia 11 tahun bernama Jaycee Dugard diculik oleh dua orang tak dikenal ketika ia sedang berjalan kaki di jalanan dekar rumahnya. Insiden ini terjadi di daerah South Lake Tahoe, negara bagian California. Tragisnya, sang Ayah tirinya dengan tidak berdaya melihat dari jauh ketika Jaycee dimasukkan ke dalam mobil secara paksa. Setelah itu, selama bertahun-tahun kedua orang tua Jaycee tidak pernah putus asa berusaha mencari anak putrinya yang berambut pirang itu. Tepatnya pada tanggal 26 Agustus 2009, tepatnya 18 tahun kemudian, terjadi sebuah keajaiban yang menggemparkan seluruh Amerika Serikat. Jaycee Lee Dugard tiba-tiba muncul kembali ke permukaan umum. Kali ini Jaycee adalah seorang wanita berusia 29 tahun yang telah memiliki dua remaja putri berusia 15 tahun dan 11 tahun hasil dari perkosaan sang penculik Philip Garrido.Diduga selama didalam cengkraman Phillip Garrido dan istrinya Nancy, Jaycee dan dua anaknya bermukim di sebuah tenda kumuh di halaman belakang kediaman sang penculik di daerah Antioch, sekitar satu jam dari kota San Francisco. Kasus penculikan Jaycee merupakan satu dari hanya segelintir kasus penculikan yang berakhir positif.

Nadya Denise Doud-Suleman Gutierrez alias Octomom


Amerika Serikat mendadak heboh ketika wanita tanpa suami keturunan Iraq berusia 35 tahun bernama Nadya Suleman ini melahirkan bayi kembar delapan atau dalam istilah medisnya octuplets. Kehamilan Nadya tersebut dihasilkan melalui In vitro fertilisation (IVF). Yang menghebohkan, ternyata Nadya adalah seorang pengangguran dan ketika melahirkan kembar delapan, Nadya sudah punya enam anak yang juga hasil IVF. Tidak heran jika banyak orang yang langsung berpandangan negatif terhadap Nadya, karena wanita yang kelihatannya terobsesi dengan Angelina Jolie ini dianggap menyalahgunakan uang pajak.

Kasus Rihanna dan Chris Brown


Dunia Hiburan sempat dikejutkan oleh kasus kekerasan yang dilakukan penyanyi Chris Brown kepada pacarnya, Rihanna, yang juga artis terkenal. Pasalnya pada tanggal 8 Februari 2009 Rihanna seharusnya manggung di acara Grammy Awards namun wanita cantik ini tiba-tiba undur diri. Tidak lama kemudian muncul laporan bahwa Rihana mundur akibat masalah pribadi dengan Chris Brown. Benar saja, sekitar sebulan kemudian Chris Brown ditangkap polisi karena dituduh mengancam dan memukul Rihana sampai babak belur. Akhirnya tanggal 22 Juni 2009, Chris Brown mengaku bersalah dan dijatuhi hukuman lima tahun percobaan serta mengerjakan pelayanan sosial.

Pandemi Flu H1N1 Sedunia


Masyarakat di seluruh dunia panik ketika mengetahui ada jenis flu baru mematikan yang telah menjalar di berbagai Negara. Flu H1N1 (flu babi) pertama kali ditemukan di bulan Maret 2009 di kota Veracruz Negara Meksiko. Pemerintah Meksiko langsung menutup fasilitas-fasilitas umum di ibukota Mexico City untuk mencegah penularan. Namun, virus H1N1 terus menjalar ke negara-negara lain. Klinik-klinik dan rumah sakit pun sempat kewalahan menerima pasien tergejala flu H1N1. WHO dan US Centers for Disease Control (CDC) akhirnya menyatakan flu H1N1 menjadi pandemi dunia. Pada tanggal 1 Desember tercatat sebanyak 9,324 orang meninggal di seluruh dunia.

Gempa Padang


Pada tanggal 30 September, kota Padang, Sumatera Barat, diguncang gempa dahsyat berkekuatan sekitar 7.6 skala richter. Pusat gempa diperkirakan berjarak 45 km dari kota Padang. Tercatat 1,115 orang meninggal, 1,214 orang luka parah, dan sebanyak 1,688 mengalami luka ringan. Selain itu, jumlah rumah dan bangunan yang runtuh sabanyak 135,000, kerusakan sedang sekitar 65,000, dan kerusakan ringan kurang lebih 79,000. Jumlah keluarga yang harus dievakuasi sekitar 250,000 atau diperkirakan sebanyak lebih dari satu juta individu.

US Airways Flight 1549


Gara-gara seekor burung yang ‘nyasar’ di baling-baling, pesawat komersial US Airways Flight 1549 harus mendarat darurat di sungai Hudson, pada 15 Januari 2009. Untungnya seluruh penumpang pesawat selamat berkat ketangkasan sang pilot bernama Kapten Chesley “Sully” Sullenberger asal Bay Area, San Farncisco. Insiden ini dianggap keajaiban luar biasa yang pernah terjadi dalam sejarah penerbangan sipil Amerika Serikat.

2009 Perkosaan Masal di SMU Richmond


Insiden terkutuk ini terjadi pada tanggal 24 Oktober 2009 di sebuah acara pesta dansa sekolah di daerah Richmond, tak jauh dari San Francisco. Bagaimana tidak menghebohkan masyarakat nasional, seorang murid SMU diperkosa oleh 15 pria remaja secara bergantian selama dua setengah jam. Gilanya lagi, ada 20 orang menyaksikan tragedi tersebut tanpa ada yang melaporkan ke polisi. Untungnya ada satu murid perempuan yang berani melaporkan kasus ini ke pihak hukum. Sejak awal November, polisi telah menangkap tujuh pria yang diduga terlibat. Kejadian buruk ini mengingatkan Amerika Serikat kepada insiden pemerkosaan 45 tahun lalu terhadap Kitty Genovese, yang diperkosa lalu dibunuh di depan banyak saksi yang tidak mau terlibat.

Penembakan Masal Militer Fort Hood


Peristiwa pada 5 November 2009 ini sungguh menggemparkan rakyat Amerika Serikat. Seorang Mayor Angkatan Darat ‘mengamuk’ di basis militer Fort Hood. Mayor bernama Nidal Malik Hasan yang juga pskiater bagi para tentara itu, mengumbar tembakan secara masal. Sekitar 43 orang menjadi korban tembak, dengan jumlah 13 orang meninggal dan 30 orang lainnya luka-luka. Kejadian terkutuk ini dikaitkan dengan terorisme karena sang penembak seorang Muslim yang berketurunan Palestina. Insiden ini masih dalam investigasi.

Kematian Michael Jackson


Pada tanggal 25 Juni 2009, rakyat dunia benar-benar syok akan berita kematian sang raja pop Michael Jackson. Kematian “King of Pop” sungguh tak terduga apalagi di tengah persiapan konser Michael Jackson yang sudah ditunggu. Perasaan sedih, kecewa, dan terharu sepertinya dapat dirasakan dimana-mana. Bukan itu saja, tangisan dan jeritan para fans maupun selebritis lain terlihat di berbagai tempat dan media. Bahkan sampai sekarang, seperti halnya almarhum Elvis Presley, masih banyak orang menganggap Michael Jackson itu masih hidup, ini hanya sebuah publisitas saja. Acara pemakaman Michael Jackson diadakan pada tanggal 7 Juli 2009 di Staples Center, LA. Artis dan musisi dunia termasuk Stevie Wonder, Lionel Richie, Mariah Carey, John Mayer, Jennifer Hudson, Queen Latifah, Usher, dan Smokey Robinson hadir dalam pemkaman itu. Bahkan sahabat dekat Jacko, Elizabeth Taylor, langsung pingsan ketika pertama kali mendengar kabar kematian sang bintang. Sahabat lainnya Diana Ross tidak hadir di acara pemakaman karena tidak kuat emosi. Pemakaman Michael Jackson merupakan peristiwa paling disaksikan di televisi sejak kematian Putri Diana tahun 1997.

0 comments

Poskan Komentar