10 Proyek yang mungkin dapat menyelamatkan bumi

Kamis, 14 Mei 2009

Bumi yang kita tinggali ini sudah mengalami kerusakan yang luar biasa di mana-mana. Pencemaran udara akibat polusi dari jumlah kendaraan bermotor dan industri yang meningkat tajam, hutan yang habis ditebang, sungai dan laut yang dieksplorasi manfaatnya tapi justru menjadi rusak dan lain-lain.

Masalah yang menimpa bumi memang sudah cukup banyak. Manusia dengan segala aktivitas dan kebutuhannya secara perlahan-lahan telah merusaknya. Entah sampai kapan lagi bumi kita ini dapat bertahan.

Perbuatan manusia memang sudah tidak terkontrol lagi. Kerusakan udara, tanah dan air sudah sedemikian parah sehingga suhu temperatur bumi makin memanas, salju di kutub mencair, daratan semakin terkikis, banjir di mana-mana, iklim yang tidak lagi bersahabat dan masalah-masalah lainnya.

Lalu apa yang telah dilakukan oleh kita untuk menyelamatkannya?

Ternyata masih banyak orang yang peduli dan ingin menyelamatkan bumi. Orang-orang tersebut dengan segenap kemampuan mereka berusaha untuk menyelamatkan bumi sehingga untuk ke depannya bumi masih menjadi tempat yang layak bagi anak-anak cucu mereka tinggal.

Apa saja proyek ramah lingkungan yang telah atau sedang dikerjakan oleh orang-orang tersebut, mari kita lihat satu per satu.


1. Proyek pembangkit listrik tenaga surya Qaidam Basin PV, China

Proyek ini diumumkan pada bulan Januari 2009 yang berlokasi di Barat Laut negara Cina yang akan menjadi pembangkit listrik tenaga surya terbesar yang mampu menghasilkan listrik sebesar 1GW.


2. Proyek pembangkit listrik tenaga angin Markbygden, Swedia

Dengan 1,101 turbin di lahan seluas kurang lebih 450 km persegi, ladang angin Markybygden akan menjadi ladang yang memproduksi listrik tenaga angin terbesar begitu nanti diresmikan pada tahun 2020. Saat ini proyek tersebut sedang menunggu perizinan dari pemerintah Swedia, dan info tambahan juga bahwa proyek yang diperkirakan menelan biaya 5 Milyar Euro tersebut akan memproduksi energi listrik 12TWh tiap tahunnya.


3. Proyek pembangkit listrik tenaga air Three Gorges, Cina

Proyek bendungan hidroelektrik ini akan menjadi bendungan terbesar di dunia begitu rampung pada tahun 2011, dapat memproduksi listrik sebanyak 22,500MWh. Namun bendungan seluas 39.3km3 itu juga memiliki dampak negatif yang diantaranya adalah karena jalur lokasinya yang rentan akan gempa bumi dan diperkirakan keberadaannya justru dapat menimbulkan longsor bagi daerah-daerah di sekitarnya.

Pembangkit Listrik 1

[Foto dari: Tim Salmon, Flickr]


4. Proyek pembangkit listrik tenaga surya Acciona Amareleja (Moura) PV, Portugal

Proyek ini sudah rampung pada tahun lalu, dan sampai dengan saat ini menjadi ladang pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia dengan kemampuan memproduksi 93 juta KWh listrik per tahunnya, yang cukup untuk digunakan oleh 30,000 rumah tangga di Portugal.

Pembangkit Listrik 2


5. Proyek pembangkit listrik tenaga gelombang Siadar, Hebrides (Skotlandia)

Hebrides adalah kepulauan di Barat Laut Skotlandia. Dan saat ini di negara kepulauan tersebut tengah dibangun sebuah proyek pembangkit listrik tenaga gelombang. Proyek yang dibangun atas kerjasama pemerintah Skotlandia dan perusahaan yang ahli di bidang gelombang air Wavegen itu akan dapat memproduksi listrik sebanyak 4MW setelah nanti rampung pada tahun 2011 - cukup untuk keperluan listrik bagi 1,800 rumah tangga.

Pembangkit Listrik 3


6. Proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi Leyte, Filipina

'Bebatuan panas' alami yang melimpah di negara Filipina menjadikannya sebagai negara penghasil panas bumi terbesar kedua di dunia, yang dapat menghasilkan listrik bergiga-giga watt. Leyte mampu menghasilkan listrik sebanyak 708MW dan merupakan ladang panas bumi terbesar dari lima ladang yang ada di Filipina.


7. Proyek pembangkit listrik tenaga surya Topaz, California Amerika Serikat

Saat ini pembangkit listrik tenaga surya terbesar masih dipegang oleh Moura di Portugal, tapi hal itu mungkin tidak akan bertahan lama. Topaz, ladang tenaga surya yang kemungkinan akan dibuka sekitar tahun 2012-13 akan menjadi pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia dengan kemampuan menghasilkan listrik sebanyak 550MW , yang itu cukup untuk digunakan oleh sekitar 190,000 rumah tangga di Amerika Serikat.

Pembangkit Listrik 4


8. Proyek pembangkit listrik tenaga surya Sevilla, Spanyol

Ladang tenaga surya yang berlokasi dengan dengan kota Seville Spanyol ini, merupakan salah satu yang terbesar di Eropa. Terdiri dari kumpulan 600 kaca baja yang mengalihkan cahaya matahari ke atas sebuah menara surya setinggi 115m. Di atas menara itu, uap air akan diubah menjadi uap, yang nantinya akan menggerakkan turbin yang mampu menghasilkan listrik yang cukup untuk digunakan bagi 6,000 rumah tangga. Abengoa Solar, perusahaan yang menjalankan pembangkit listrik itu mengatakan bahwa teknologi yang mereka gunakan dalam proyek tersebut sangat sederhana. Tujuan yang ingin dicapai adalah ladang yang mampu menghasilkan 1.2MW yang listriknya dapat digunakan oleh 600,000 rumah tangga.


9. Proyek pembuatan turbin Maglev

Sampai sejauh ini, belum ada informasi yang menyebutkan negara mana yang akan menggunakan turbin tenaga angin dengan teknologi terbaru ini. Proyek Maglev diperkenalkan pertama kali pada ajang Wind Power Asia di Beijing Cina. Proyek ini diharapkan dapat membawa teknologi pembangkit listrik tenaga angin pada tingkat selanjutnya dengan pengapungan magnetiknya. Produksinya sendiri saat ini dikerjakan di Cina dan Amerika.


10. Proyek kota tenaga surya Babcock Ranch, Florida Amerika Serikat

Proyek Babcock Ranch merupakan proyek pembuatan kota yang 'hijau' dengan menggunakan tenaga surya sebagai energi utama. Saat ini masih menunggu izin dan jika nanti terwujud, Babcock Ranch akan menjadi kota tenaga surya pertama di dunia dan akan didiami oleh sekitar 19,500 rumah tangga.

Pembangkit Listrik 5



http://faliqh.blogspot.com/2009/04/10-proyek-yang-mungkin-dapat.html


0 comments

Poskan Komentar