10 Novel Fiksi Ilmiah yang Menjadi Kenyataan

Selasa, 16 Juni 2009

PERGI KE BULAN

Banyak penulis fiksi ilmiah tapi yang paling mendekati kenyataan adalah Jules Verne, novelnya From the Earth to the Moon tahun 1865 dan dilanjutkan Around the Moon tahun 1870. Banyak rincian yang penting mengenai pergi ke bulan, kondisi tanpa bobot, ukuran dasar kapsul angkasa, jumlah kru-nya (3 orang), dan bahkan konsep kembali ke bumi dari samudra bulan. Dan kejadian tidak disengaja yang menyenangkan adalah ada nya kemiripan semisal lokasi pendaratan di novel fiksinya Around The Moon yang hanya beberapa mil dari lokasi Apollo 8 mendarat. (menariknya lokasi peluncuran fiksinya hanya beberapa mil dari Cape Canaveral). Sama sekali tidak mengejutkan jika Jules Verne banyak menulis prediksi lain seperti termasuk perjalanan-perjalanan oleh balon, helikopter-helikopter, tank, dan mesin-mesin elektrik





ROBOT

Robot berasal dari bahasa Czech Robota yang artinya pekerjaan menjemukan, Robotnik adalah suatu kata untuk budak. Karena sekarang umumnya robot ditemukan di industri untuk mengerjakan hal yang berulang-ulang, maka arti kata tersebut cukup mengena.
Kata Robot dipopulerkan oleh Karel Capek tahun 1920 dalam sebuah drama R.U.R. Kepanjangan dari Rossum Universal Robot.Drama ini bercerita mengenai penggunaan robot untuk melayani manusia tapi kemudian berbalik menghancurkan umat manusia, namun konsep robot Capek berupa robot yang memiliki daging manusia.
Robot yang terbuat dari mekanik murni diperkenalkan oleh Isaac Asimov di serial Robot Series. Mungkin bukan kebetulan kalau robot buatan Honda diberi nama Asimo.
Robot peliharaan, seperti Sony Aibo, di inspirasi oleh novel Do Android Dream of Electrical Sheep karya Phillips K. Dick, novel ini menjadi sumber pembuatan film Blade Runner.



KLONING DAN REKAYASA GENETIK

Manusia belum pernah dikloning tetapi anjing, kucing, dan sapi sudah. Karya fiksi mengenai kloning dan rekayasa genetik pertama tahun 1932 dengan judul Brave New World karya Aldous Huxley. Novel ini bercerita mengenai manusia yang dikelompokkan dalam pekerjaan dan kelas sosial berdasarkan nomor kloning dari embrio asal mereka.



INTERNET

Pengarang William Gibson memperkenalkan istilah "cyberspace" di tahun 1981 dalam cerita pendek "Burning Chrome" dan memulai ketertarikan media terhadap komputer dan internet melalui karyanya tahun 1984 novel berjudul "Neuromancer"
Bahkan sebelum Gibson, John Brunner tahun 1975 melalui novelnya "The Shockwave Rider" meramalkan jaringan informasi antar benua, Hacker yang menyusup ke jaringan diidentifikasi sebagai pencuri. Dan terutama terminologi Virus dan worm berasal dari buku Brunner. Brunner membayangkan menggunakan virus dan worm sebagai bagian perangkat perang, sesuatu yang agak ditakutkan militer belakangan ini.
Harus dicatat juga tahun 1975 belum ada internet seperti sekarang, internet masih berupa proyek ARPANET, sebuah sistem komputer yang diciptakan departemen pertahanan Amerika Serikat



World Wide Web

Tahun 1990 "Earth", David Bin membayangkan audio streaming dan video dan hyperlink. Di tahun 1989 "The Originist", cerita pendek karya Issac Asimov. "Foundation Universe" karya Orson Scot Card juga membahas sistem lingking mirip hyperlink sekarang.



WEBCAM

Terlalu banyak pengarang fiksi ilmiah yang menuliskan mengenai konsep webcam.




Kasur Air

Robert Heinlin menggunakannya tahun 1961 di "Stranger in a Strange Land". Kasur air modern pertamakali dibuat tahun 1967 di San Fransisko oleh mahasiswa desain Charles Hall.
Heinlein juga mengungkapkan ide mengenai mesin yang dikendalikan dari jarak jauh untuk memanipulasi material berbahaya, dia menamakannya "Waldoes"



SATELIT KOMUNIKASI

Master Fiksi ilmiah Arthur C Clarke mengemukakan idenya mengenai satelit komunikasi tahun 1945





WISATA LUAR ANGKASA

Tahun 1962 "A Fall Of Moondust" karya Arthur C. Clarke mengisahkan beberapa turis kaya yang terdampar di kawah bulan. Lebih aneh lagi pengarang Roald Dahl membayangkan hotel luar angkasa tahun 1973 di "Charlie and The Great Class Elevator" lengkap dengan staff manager, asisten manajer, penerima tamu, pelayan, dll



Miniaturisasi Pembedahan

Dokter sekarang menggunakan perangkat miniatur untuk melakukan pembedahan yang lebih akurat dari perangkat pembedah tradisional, praktek ini dianjurkan oleh Isaac Asimov tahun 1966 melalui novelnya "Fantastic Voyage".



kaskus.us